Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 91, 94, 95.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman  91, 94, 96  - Pembelajaran 1 Tema 2 Kelas 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia tepatnya terdapat pada halaman 91, 94, 96.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 pada halaman 91, 94, 96, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 2 subtema 3 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 91, 94, 95.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 1 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Halaman 91, 94, 95.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 1 Halaman 91 94 95

Suatu hari menjelang sore, langit tampak gelap. Mendung gelap menggantung di  langit.  Tiba-tiba  secercah  kilat   menyambar dan  terdengar  suara  petir menggelegar. Kemudian hujan turun dan air tercurah deras dari  langit. Angin pun  berembus sehingga suhu udara menjadi terasa dingin.

Jika  kamu berada dalam suasana seperti itu,  apa yang  akan kamu lakukan? Apakah kamu akan tinggal di dalam rumah, memakai baju tebal, dan minum teh hangat? Atau  sebaliknya, apakah kamu lebih   suka keluar dan bermain hujan-hujanan?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 91

Menurutmu, apakah bermain hujan-hujanan dapat menyebabkan sakit? Mengapa? Jelaskan jawabanmu!

Yang sebenarnya terjadi, saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh kita sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis.

Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu. Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam, seperti influenza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 1 Halaman 91 94 95
Kabut asap kebakaran mengganggu pernapasan

Kita  tentu selalu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ pernapasan. Namun, seringkali faktor lingkungan sangat besar memengaruhi kesehatan kita.  Seperti yang   terjadi pada tahun 2015, bencana kabut asap melanda sebagian wilayah Indonesia, terutama di Sumatra dan Kalimantan. Bacaan berikut menyajikan bahaya kabut asap bagi kesehatan manusia.

Sembilan Bahaya Kabut  Asap dan Cara Mengatasinya

Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi bencana kabut asap. Pemerintah sudah berusaha mematikan titik-titik kebakaran, tetapi hasilnya kabut asap masih ada. Apa saja bahaya kabut asap kebakaran dan apa yang harus kita  lakukan apabila di daerah kita  terkena kabut asap?

Berdasarkan pantauan, indeks pencemaran udara di Jambi, Palembang, dan Palangkaraya sudah sangat tinggi atau tidak sehat. Tidak  sehat karena asap kebakaran hutan dan lahan menyebabkan debu atau partikel halus hasil kebakaran seperti jelaga. Saking halusnya, partikel ini  akan dengan mudah terisap dan mengotori sistem pernapasan.

Selain partikel halus,  asap  kebakaran  juga  mengandung  zat-zat berbahaya seperti ozon  (O3),  sulfur dioksida (SO2),  karbon monoksida (CO), dan nitrogen oksida (NO2).

Kabut  asap ini dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik  orang yang  kondisinya sehat maupun yang  sakit. Namun, pada orang yang  kondisi kesehatannya kurang, khususnya pada orang yang  memiliki riwayat penyakit pernapasan, anak-anak, dan balita, kabut asap adalah bencana yang   bisa mengancam jiwa.

Apa saja bahaya kabut asap bagi kesehatan kita?  Berikut ini beberapa bahaya kabut asap bagi kesehatan.
  1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.
  2. Kabut asap dapat menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi.
  3. Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik.
  4. Kabut asap dapat menyebabkan kemampuan kerja paru berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.
  5. Kabut asap dapat menyebabkan orang lanjut usia dan anak-anak yang  memiliki daya tahan tubuh rendah akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.
  6. Kabut asap  dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam mengatasi infeksi paru-paru dan saluran pernapasan, sehingga lebih  mudah terjadi infeksi.
  7. Kabut asap dapat memperburuk penyakit pernapasan yang sudah ada.
  8. Kabut asap menyebabkan polusi pada air bersih, tanaman sayuran, buah- buahan, dan makanan yang  tidak ditutup.
  9. Kabut asap memperburuk kondisi lingkungan sehingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akan mudah terjadi.

Bagaimana kita melindungi diri dari  kabut asap?
  1. Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernapasan.
  2. Selalu memakai masker jika harus pergi ke luar rumah/gedung. Pakailah masker dengan benar untuk menutupi hidung dan mulut.
  3. Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering agar debu atau partikel halus yang menempel pada tenggorokan larut dan masuk ke dalam pencernaan sehingga ikut terbuang bersama kotoran.
  4. Segeralah berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.
  5. Segera lakukan perilaku hidup bersih  sehat (PHBS) seperti  makan makanan bergizi, banyak minum, banyak mengonsumsi buah, jangan dekat-dekat orang merokok, dan istirahat cukup.
  6. Upayakan agar asap dari luar tidak masuk ke dalam rumah/gedung.
  7. Tempat penampungan air minum dan makanan harus ditutup dan terlindung dengan baik.
  8. Buah-buahan dan sayuran dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu dimasak dengan baik.

Ayo Berlatih

Dari bacaan “Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya” di atas, buatlah pertanyaan dengan kata tanya apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa. Kemudian tulislah jawaban dari pertanyaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut. Kemudian,  bertanya jawablah dengan teman sebangkumu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 94 & 95

Apa Penyebab Kabut Asap ?

Kabut asap disebabkan oleh kebakaraan hutan

Apa saja zat berbahaya yang terkandung dalam kabut asap ?:

Kabut asap mengandung zat ozon (O3), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), dan nitrogen oksida (NO2).

Siapa saja yang kesehatannya terganggu akibat dari kabut asap ?

Kabut asap dapat mengganggu semua orang, baik yang dalam kondisi sehat maupun yang dalam kondisi sakit.

Dimana bencana kabut asap terjadi ?

Bencana kabut asap terjadi disebagian wilayah Indonesia terutama di Pulau Sumatra & Kalimantan.

Bagaimana kita melindungi diri dari kabut asap ?

1. Pakai masker saat keluar rumah
2. Bersihkan lantai dari debu dan kotoran tempat tinggal secara berkala
3. Jaga asupan cairan dalam tubuh
4. Konsumsi makanan sehat
5. Jaga kelembapan udara di dalam rumah. Caranya bisa menggunakan filter HEPA atau menggunakan humidifier. Kelembapan dapat membantu mengendalikan alergen dan pemicu penyakit pernapasan lainnya.

Mengapa asap kebakaran hutan dan lahan tidak baik bagi kesehatan ?

Sebuah studi kajian milik Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2013 juga menyimpulkan bahwa polusi udara merupakan penyebab terjadinya penyakit kanker pada manusia, terutama kanker paru-paru.

Tak hannya memicu kanker paru-paru saja, kabut asap juga dapat menimbulkan bahaya lainnya bagi kesehatan, di antaranya sebagai berikut:
1. Mengganggu peredaran darah.
2. Menyebabkan iritasi.
3. Bersifat karsinogenik.
4. Merusak pernapasan.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 91, 94, 95. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 91
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 94
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 95

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 91, 94, 95."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel