Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 98, 99, 101, 102.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman  98, 99, 101, 102  - Pembelajaran 2 Tema 2 Kelas 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia tepatnya terdapat pada halaman 98, 99, 101, 102.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 pada halaman 98, 99, 101, 102, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 2 subtema 3 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 98, 99, 101, 102.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Halaman 98, 99, 101, 102.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 2 Halaman 98 99 101 102

Gambar di atas adalah cuplikan dari  buku  cerita bergambar berjudul “Todi dan Semut”.  Inti  cerita “Todi  dan Semut” mengisahkan Todi  yang   gemar makan cokelat dan kue-kue manis, tetapi malas membersihkan sisa-sisa makanan. Suatu ketika Todi segera tertidur setelah makan kue  manis dengan mulut dan tangan kotor  terkena sisa-sisa makanan. Saat Todi  tertidur, pasukan semut merubungi Todi. Mereka juga menggigit tangan dan muka Todi hingga bentol- bentol. Todi terbangun dan menangis karena merasa gatal-gatal. Sejak saat itu Todi selalu membersihkan diri seusai makan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 98

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban-jawaban pertanyaan berikut bersama teman sekelompokmu.
1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?

Ya

2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu?

Karena gambar tersebut memudahkan pembaca / siswa dalam memahami suatu cerita

Karya gambar cerita banyak kita temui pada buku cerita, terutama buku cerita bergambar dan komik. Perhatikan contoh gambar berikut.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 2 Halaman 98 99 101 102
Cerita Bergambar

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 99

Ayo Menulis

Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tuliskan dalam kotak berikut.

Ciri-ciri karya gambar cerita:

  • Bersifat Proposional
  • Humor yang Kasar
  • Bahasa Percakapan (Bahasa Pasaran)
  • Penyederhanaan Perilaku yang Menggambarkan Moral atau Jiwa Pelaku, Pola perilaku dalam karya gambar cerita cenderung untuk disederhanakan dan mudah diterka
  • Bersifat Kepahlawanan

Ayo Menulis

Tentukan satu tema yang  kamu pilih untuk membuat gambar cerita. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang  paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.
1. Lingkunganku hijau udaraku bersih.
2. Aku menjaga udaraku bersih.
3. Aku merawat kesehatan pernapasan.

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mencegah penyakit. Selain menjaga kebersihan, masih ada banyak cara mencegah penyakit. Pada Pembelajaran 1 kamu telah mengetahui bahwa salah satu cara mengatasi bahaya kabut asap adalah dengan memakai masker.  Memakai masker perlu dilakukan karena kabut asap  dapat  menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Memakai masker memang merupakan salah satu cara mengatasi bahaya kabut asap dan merawat organ pernapasan. Selain memakai masker, apa lagi yang dapat kita lakukan untuk merawat organ pernapasan? Bacalah bacaan berikut.

Cara Memelihara Organ Pernapasan

Kita  berusaha selalu menjaga kesehatan  organ pernapasan. Saat sakit kita perlu  segera  berobat.  Namun, kita   juga dapat  mencegah penyakit pada sistem pernapasan  dengan memelihara organ pernapasan. Berikut cara-cara memelihara organ pernapasan.

1. Menjaga kesehatan organ pernapasan
  • Makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga baik,
  • Berolahraga teratur supaya alat-alat pernapasan terlatih baik  sehingga dapat bekerja dengan baik,
  • istirahat cukup,  dan
  • Posisi tidur benar (miring ke kanan dan jangan telungkup).
2. Menghindari zat-zat yang  dapat merusak organ pernapasan
  • Tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok  karena banyak mengandung racun,
  • Menggunakan masker saat berada di lingkungan kotor,
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin karena jaringan paru-paru sensitif terhadap dingin,
  • Menghindari makanan dan minuman mengandung banyak gula  dan bahan kimia karena dapat merangsang lendir pada paru-paru sehingga kapasitas udara yang  disimpan dalam paru-paru akan lebih  sedikit.
3. Merawat organ pernapasan
  • Membersihkan rongga hidung secara teratur (bulu halus dan rambut hidung berfungsi menyaring kotoran),
  • Memeriksa kesehatan pernapasan secara teratur ke dokter.
4. Menjaga kesehatan lingkungan sekitar
  • Membuat sebanyak mungkin ventilasi dalam rumah untuk menjaga sirkulasi udara,
  • Menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak banyak debu beterbangan yang  akan ikut masuk ke dalam organ pernapasan saat kita  menghirup napas,
  • Membuat udara bersih di lingkungan sekitar rumah dengan menanam banyak tumbuhan hijau, serta
  • Mencegah ruangan lembap karena virus dan bakteri mudah berkembang di ruangan dengan kelembapan tinggi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 101

Ayo Bekarya

Kamu telah memahami cara merawat organ pernapasan. Buatlah kelompok bersama 5-6 orang temanmu. Buatlah poster tentang cara merawat organ pernapasan.  Pada  Pembelajaran 5  nanti  kamu dan  kelompokmu akan mempresentasikan poster yang  telah kalian buat.

Alternatif jawaban disesuaikan oleh masing-masing siswa hasil dari persentasi kelompok.

Berikut beberapa contoh poster tentang kesehatan. Kalian  dapat mencontoh desainnya  untuk  membuat  poster  tentang  merawat  organ  pernapasan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 2 Halaman 98 99 101 102
Poster Kesehatan

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102

Ayo Renungkan

Apa yang  kamu ketahui tentang cara memelihara organ pernapasan?

Cara menjaga organ pernapasan

Jangan langsung memikirkan cara rumit untuk menjaga organ pernapasan tetap sehat. Sebab ternyata, berbagai langkah berikut ini bisa kita lakukan untuk mendapatkannya
  1. Rutin berolahraga.
  2. Mengonsumsi makanan bergizi
  3. Minum banyak air putih
  4. Rajin mencuci tangan
  5. Tidak merokok
  6. Menghindari paparan polusi
  7. Menjadikan rumah sebagai area yang asri
  8. Mendapatkan vaksin
  9. Memeriksakan kesehatan pribadi secara berkal

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 98, 99, 101, 102. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 98
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 99
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 101
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 102

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 98, 99, 101, 102."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel