Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23, 24, 25, 26.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23, 24, 25, 26 – Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat mengenai Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan tepatnya terdapat pada halaman 23, 24, 25, 26.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 pada halaman 23, 24, 25, 26 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 23, 24, 25, 26.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 23, 24, 25, 26.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 23 24 25 26

Siti, Udin, dan Lani masih membicarakan sistem pencernaan manusia. Mereka senang membicarakan tentang proses pencernaan yang berlangsung di dalam tubuh.

Simaklah percakapan mereka!

Siti     :  “Bekal apa yang kamu bawa hari ini, Din?”

Udin : “Tenang Siti, hari ini aku membawa makanan sehat, lho. Aku membawa nasi dengan tumis sayur dan telur.”

Siti    :  “Wah, kedengarannya enak, Din.”

Lani : “Iya, enak dan sehat. Nah, sekarang aku mau tanya, apa ada yang masih ingat organ pencernaan manusia?”

Udin : “Masih! Makanan dikunyah di dalam mulut dengan gigi, kemudian...”

Siti   :  “Makanan meluncur masuk ke kerongkongan untuk kemudian masuk ke lambung.”

Lani : “Dari lambung, makanan diubah menjadi bubur makanan  yang kemudian diserap oleh apa?”

Udin : “Usus halus! Usus halus akan menyerap semua sari-sari makanan, Lan.”

Siti     :  “Selanjutnya, makanan yang tidak dapat dicerna bergerak menuju usus besar.”

Udin  :  “Aku lupa. Apa yang terjadi saat makanan berada di usus besar, ya?”

Lani :  “Usus  besar  menyerap  air  yang  terdapat  dalam  bubur  makanan dan menjadi tempat terjadinya proses pembusukan makanan, Din. Kemudian makanan yang sudah melalui semua proses tersebut masuk ke anus untuk kemudian dibuang.”

Siti : “Jangan lupa, makan makanan yang sehat ya, teman-teman, agar kesehatan organ pencernaan kita tetap terjaga!”

Makanan sehat tidak selalu harus mahal. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita.

Ayo Membaca

Bacalah teks tentang makanan pokok berikut!

Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.

Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Ayo Berlatih

  • Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi.
  • Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam?

Ayo Berdiskusi

Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23

Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya.

Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 23 24 25 26

Ketika kamu mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
  2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
  3. Apakah jenis kelamin mereka?
  4. Apakah pekerjaan mereka?
  5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
  6. Apakah agama yang mereka anut?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24 - 25

Ayo Berkreasi

Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi. Berdasarkan hasil pengamatanmu tersebut buatlah sebuah komik sederhana yang mengetengahkan tentang interaksi yang dilakukan manusia. Pastikan tulisanmu menggunakan bahasa Indonesia yang santun dan ejaan yang tepat.

Warnailah komikmu dengan rapi dan semenarik mungkin.

Alternatif jawaban disesuaikan oleh masing-masing peserta didik dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2010, konsumsi beras masyarakat Indonesia mencapai 100 kilogram per kapita per tahun. Ketersediaan beras di Tanah Air pada masa mendatang tidak sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk. Untuk mengurangi ketergantungan itu, perlu ada  perubahan konsep dan kebiasaan makan masyarakat. Misalnya, mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan jenis lain. Salah satu cara yang belakangan dikampanyekan pemerintah adalah tidak memakan nasi selama satu hari. Kebiasaan ini, misalnya, dilakukan satu hari dalam sepekan. Sebagai pengganti, selama sehari itu, warga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti jagung, ubi, singkong, talas, kentang, dan sagu.

Ayo Mengamati

Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, berikut adalah sebuah iklan tentang singkong sebagai pengganti nasi.

Amatilah iklan di bawah ini dengan saksama!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 23 24 25 26

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 26

Masih ingatkah kamu dengan unsur-unsur dalam sebuah iklan?

Coba kamu identifikasi unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 23 24 25 26

Kalimat Iklan
Dari segi kalimat, iklan tersebut sudah cukup baik karena mengandung unsur conviction atau rasa percaya dengan ditunjang pembuktian melalui data yang menjelaskan kandungan dalam 100gr singkong.
Kata Kunci
Kanungan singkong per 100gram
Observasi Gambar
Gambar iklan juga sudah mengandung unsur attention atau perhatian karena dibuat menarik

Lakukanlah diskusi dengan beberapa orang temanmu yang lain. Bandingkan hasil yang sudah kamu peroleh satu sama lain berkaitan dengan unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.

Alternatif jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.

Ayo Renungkan

Hal-hal baru apa yang kamu pelajari hari ini?

  • Membuat komik dan mewarnainya
  • Mengidentifikasikan unsur-unsur dalam sebuah iklan

Tuliskan empat hal baru yang menurutmu menarik untuk diceritakan kepada orang tuamu.

  1. Belajar membuat komik
  2. Belajar mengidentifikasikan unsur-unsur iklan
  3. Mempelajari kandungan singkong
  4. Makanan singkong bisa dijadikan pengganti nasi

Kegiatan Bersama Orang Tua

1. Bersama dengan orang tuamu, tuliskan beberapa cara pengolahan singkong. Selanjutnya, tuliskan alasan mengapa singkong layak dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

  • Singkong dapat diolah dengan cara di rebus, digoreng ataupun dibuat menjadi makanan khas yaitu gethuk.
  • Karena singkong mengandung karbohidrat yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

2. Diskusikan kembali dengan orang tuamu tentang hasil pengamatanmu sebelumnya. Tanyakan kepada orang tuamu contoh interaksi manusia dengan lingkungan hidup dan lingkungan sosial yang dapat ditemukan di lingkungan rumahmu.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung hasil diskusi masing-masing peserta didik dengan orang tua.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23, 24, 25, 26. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺


Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 23
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 24
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 25
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 26

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23, 24, 25, 26."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel