Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63 – Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat mengenai Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh tepatnya terdapat pada halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 pada halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 58 59 60 61 62 63

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 58

Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli.

Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar? 

Alternatif Jawaban: 
Di pasar kita akan menemui penjual, pedagang dan barang dagangan

Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita? 

Alternatif Jawaban: 
Sayur dan buah ditanam oleh petani. Petani adalah produsen. Setelah sayur dan buah layak di panen, buah ini akan dibawa ke pasar atau didistribusikan ke pasar untuk dijual.

Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?   

Alternatif Jawaban: 
Aktivitas yang ada di gambar adalah transaksi atau jual beli antara pedagang dengan pembeli.

Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar?

Alternatif Jawaban: 
Orang yang terlibat dalam kegiatan di pasar adalah produsen, pedagang besar (distibutor utama) pedagang kecil hingga pembeli (konsumen).

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 59

Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di depan!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 58 59 60 61 62

Jenis Aktivitas
  • Jual Beli
  • Tawar Menawar
  • Melihat Barang Dagangan
  • Tatap Muka
Pelaku Aktivitas
  • Pedagang dan Pembeli

Wah, ternyata ada beragam aktivitas di sebuah pasar, ya? Bagaimana dengan lingkungan sekitarmu? Aktivitas apa sajakah yang dapat kamu temui di sana dan siapa sajakah yang melakukannya?

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan di bawah ini!

Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya.

Ayo Berlatih

Amatilah lingkungan sekitarmu dan cari tahu aneka aktivitas yang ada. Temukan beberapa aktivitas yang menurutmu menggabungkan aspek sosial dan ekonomi. Aktivitas tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat.

  • Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu temukan di pasar ?
  • Apakah orang-orang yang beraktivitas tersebut memiliki kebiasaan yang sama?

Buatlah laporan observasi yang di dalamnya memuat hal berikut.
  • Pengamatan secara umum kondisi lingkungan sekitarmu.
  • Pengamatan secara khusus tentang salah satu aktivitas yang menurutmu berkontribusi dalam pembangunan sosial.
  • Manfaat sosial dan ekonomi yang diperoleh dari aktivitas tersebut.

Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60

Ayo Mengamati

Amatilah gambar pasar yang disajikan sebelumnya!

Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu temukan di pasar?

Perbedaan yang dapat saya temukan di pasar yaitu perbedaan adat istiadat, asal daerah pedagang maupun pembeli, Produk/Barang yang dijual, Harga jual.

Apakah orang-orang yang beraktivitas tersebut memiliki kebiasaan yang sama? Jelaskan!

Orang-orang yang beraktivitas tersebut ada yang memiliki kebiasaan yang sama karena berasal dari satu daerah, dan ada juga yang mimiliki kebiasaan yang berbeda karena berbeda suku yang tentunya memiliki adat istiadat yang berbeda.

Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain. Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 61

Ayo Berlatih

Lakukanlah sebuah wawancara sederhana ke beberapa orang temanmu. Cari tahu apa saja kebiasaan atau adat istiadat yang mereka miliki. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu. Ceritakan hasil wawancaramu di depan kelas.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 58 59 60 61 62

Alternatif jawaban dari soal pada tabel diatas disesuaikan dengan nama teman yang kamu wanwancarai.

Ayo Membaca

Tahukan kamu apa itu Sisingaan? Bacalah informasi di bawah ini!

Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan. Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut dalam iring- iringan tersebut. Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, tentunya kerja sama yang baik tidak akan dapat terwujud.

Perhatikanlah iklan berikut ini dengan saksama!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 58 59 60 61 62

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 62

Masih ingatkah kamu dengan iklan media cetak?

Saat mengamati contoh iklan di depan, apa isi pesan yang dapat kamu temukan dalam kalimat di depan?

Isi pesan dalam kalimat tersebut adalah ajakan untuk hidup selalu rukun dan damai.

Apa jenis bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut?

Jenis bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut adalah :

  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, serta jelas.
  • Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya tarik.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Apa yang membuatnya sama atau berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari? Jelaskan!

Yang membuatnya berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari adalah iklan tersebut menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku.

Jika percakapan sehari-hari memiliki bahasa yang berbeda dengan  iklan media cetak, maka iklan media elektronik juga memiliki bahasa yang bisa jadi berbeda dengan iklan media cetak.

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut ini!
  • Tentukan satu iklan media cetak dan satu iklan elektronik yang kamu ketahui.
  • Tuliskan kalimat yang terdapat dalam iklan media cetak dan iklan elektronik tersebut.
  • Diskusikan perbedaan dan persamaan kedua bahasa iklan itu.
  • Identifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebagai hasil kesimpulan diskusi.
  • Tampilkan hasil diskusi tersebut di depan kelas secara bergantian.
  • Dengarkanlah hasil diskusi pasangan lain secara saksama.

Tulislah sebuah kesimpulan singkat dari kegiatan yang baru saja kamu lakukan.

Bacakan kesimpulanmu kepada teman sebangkumu. Berikan kesempatan kepada temanmu untuk memberikan masukan dan saran atas kesimpulan yang kamu buat.

Ayo Renungkan

Tuliskan tiga hal yang menurutmu kurang menarik dari pelajaran hari ini. Tuliskan alasan mengapa menurutmu ketiga hal tersebut kurang menarik.

Berikan saran untuk membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menarik.


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 63

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali penjelasan tentang berbagai aktivitas dilingkungan sekitar.

Mintalah orang tuamu untuk memberikan tiga pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jelas dan lengkap.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 58
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 59
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 60
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 61
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 62
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 63

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 58, 59, 60, 61, 62, 63."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel