Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72 – Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat mengenai Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh tepatnya terdapat pada halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 pada halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 3 subtema 2 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 64

Ayo Berdiskusi

Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan bekerja sama?

  • Adanya sikap tolerasi
  • Memiliki sikap tidak egois
  • Memiliki sikap nasionalisme
  • Adanya rasa satu kesatuan

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65

Kamu dapat menuliskan alasanmu dan juga menanyakan kepada teman- teman yang lain tentang alasan mereka. Tuliskan semuanya dalam kotak- kotak di bawah ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Menurut pendapatku, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.

Menurut pendapatku, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat dan pekerjaan demi terciptanya keragaman yang bertoleransi.

Perbedaan tidak menghalangi upaya saling membantu dan bekerja sama karena tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh diri sendiri.

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lainnya.

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 66

Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas? Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang tergambar di dalam peta Indonesia. Dengan ribuan pulau yang dimilikinya, Indonesia memiliki keragaman budaya dan adat istiadat yang mewarnai kehidupan sehari-harinya penduduknya. Oleh karena itu, kita sebagai anak bangsa seharusnya mampu saling menghargai dan menghormati perbedaan yang dimiliki dan menggunakannya sebagai modal pembangunan.

Ayo Membaca

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan dan  keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 67

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di depan? Berikan pendapatmu!

Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu bangsa memberikan makna kepada semua keragaman di Indonesia harus bersatu meskipun kita semua berbeda latar belakang, Bhinneka Tunggal ika memberikan pengertian menjadikan semua keragaman sebagai kekuatan dan kekayaan bangsa.

Berikan contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan atau mungkin sudah kamu lakukan untuk mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah!

  • Ikut gotong royong bersama di sekolah, kegiatan ini akan mempererat hubungan setiap keragaman di sekolah
  • Saling mengenal satu - sama lain, hal ini membuat kita mengetahui keragaman apa saja di sekolah
  • Berteman dengan siapa saja, berteman dengan siapa saja tanpa memandang latar belakang
  • Menganggap semua keragaman itu indah, dengan pemikiran seperti ini kita tidak usah malu untuk berteman dengan siapa saja
  • Mendukung pemersatuan keragaman di sekolah, memberikan semangat kepada teman yang mempunyai perbedaan keragaman diluar kita, hal ini membuat dia sadar tentang keragaman.

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,  baik  secara  ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Amatilah gambar-gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh anak-anak dalam gambar tersebut?

Gambar 1 = Kegiatan anak bermain musik daerah atau memperkenalkan kan budaya nya
Gambar 2 = Kegiatan anak yang sedang menari tarian daerah

Apakah kamu pernah melihat kegiatan seperti itu di lingkunganmu? Coba ceritakan hasil pengamatanmu di depan kelas.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung masing-masing peserta pernah melihat kegiatan diatas atau tidak.

Kedua gambar di atas bercerita tentang upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya. Contoh lain dari pembangunan sosial budaya adalah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Masih banyak lagi contoh- contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita. Amatilah daerah sekitarmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 68

Temukan contoh-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial. Buatlah dalam bentuk laporan pengamatan sederhana.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Judul laporan : Laporan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan desa tanjungsari.
Tujuan laporan : Menyajikan paparan tentang proses dan hasil kegiatan gotong royong
Tempat pengamatan : 
Tanggal Pengamatan :
Hasil pengamatan : Beberapa warga terlihat bekerja dari pagi untuk membrsihkan lingkungan desa terutama saluran air agar bersih dari genangan dan sampah.
Kesimpulan : Kegiatan tersebut cukup bermanfaat bukan hanya dalam menjaga kebersihan melainkan menjaga keakraban dan persatuan warga.

Simaklah percakapan antara Beni dan Siti di bawah ini!

Dayu : “Kalau kamu, apa contoh yang dapat kamu berikan tentang pembangunan sosial budaya, Ben?”

Beni : “Menurutku, acara kuliner nusantara yang sering diadakan di ling- kungan sekitar kita merupakan contoh pembangunan sosial budaya. Dengan begini, kita dapat melestarikan makanan khas daerah, kita juga turut memperkenalkannya kepada orang-orang lain yang berbeda kebudayaan dengan kita untuk turut mencicipi dan bersama-sama menikmati makanan khas daerah tersebut.”

Siti : “Betul sekali, Ben. Kamu tahu tidak? Acara kuliner nusantara yang diadakan minggu lalu itu sukses besar, lho. Semuanya berkat iklan- iklan di media cetak dan elektronik yang beredar sejak sebulan sebelumnya.”

Gambar Pesona Pangan

Iklan memang harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dalam penyampaiannya.

Berikut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan orang tua di rumah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 69

Ayo Mengamati

Amatilah dua buah iklan di televisi dan tulis kata kunci dari iklan tersebut.

Diskusikan dengan teman-temanmu keesokan harinya tentang iklan dan kata kunci yang kamu temukan.

Iklan Yakult
Kalimat Iklan
Lebih dari 100 penyakit berasal dari usus.
Kata Kunci :
Cintai Ususmu Yakult Setiap Hari 

Iklan Axis
Kalimat Iklan :
Rabu Rawit Rabu Wajib Irit
Kata Kunci
Irit itu Axis

Ayo Membaca

Bacalah percakapan di bawah ini secara bergantian!

Siti : “Jadi tidak kita belajar bersama hari ini?” Udin : “Jadi ya, di rumahku!”

Dayu : “Asyik!”

Udin : “Aku sudah menyiapkan minuman ringan, lho. Itu yang sedang banyak diiklankan akhir-akhir ini di televisi. Sejak saat ada iklan itu, aku selalu membelinya.”

Siti : “Wah, setahuku, semua jenis minuman ringan itu tidak baik bagi kesehatan, Din. Kadar gula dan pengawetnya tinggi. Belum lagi bahan- bahan kimiawi lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ringan seperti itu.”

Udin : “Bisa jadi kamu benar, Siti, pamanku pun pernah mengatakan hal yang sama. Namun, di iklan disebutkan bahwa minuman ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Artinya, minuman ini juga memiliki manfaat, bukan?”

Dayu : “Tentu saja, semua iklan dimaksudkan untuk menarik hati pembelinya, Din. Akan tetapi, tidak semua yang diiklankan itu memang benar adanya. Kita harus selalu berhati-hati dalam memilih apa yang akan kita konsumsi.”

Siti : “Setuju dengan Dayu. Wah, ternyata penggunaan kata-kata kunci itu sangat bermanfaat ya, terutama untuk menarik perhatian pendengar dan pembacanya.”

Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Kini air infus juga merebak sampai di Indonesia.

Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, air infus dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Halaman 64 65 66 67 68 69 71 72

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 71

Buatlah ulasan sederhana tentang percobaanmu membuat infused water.

Alternatif jawaban berbeda-beda disesuaikan dengan hasil percobaan membuat infused water yang telah dilakukan masing-masing peserta didik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 72

Ayo Renungkan 

Apakah menurutmu hal-hal yang kamu pelajari hari ini berguna bagi kehidupanmu?
Jelaskan hal-hal  apa saja yang menurutmu berguna untuk kehidupanmu!

Sangat berguna, karna setiap hal yang saya pelajari itu adalah sebuah pengajaraan untuk kehidupan saya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Carilah gambar dari majalah dan koran yang mencerminkan interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya.

Alternatif jawaban disesuaikan gambar yang didapatkan masing-masing peserta didik.

Identifikasikan jenis-jenis interaksi yang terjadi. Sebutkan siapa saja yang terlibat dalam interaksi tersebut

Alternatif jawaban disesuaian hasil mengindentifikasikan hasil gambar yang ditemukan masing-masing peserta didik.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺


Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 64
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 65
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 66
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 67
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 68
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 69
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 71
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 72

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 64, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 72."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel