Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6 – Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 3 Kelas 4 Peduli Terhadap Makhluk Hidup mengenai Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku tepatnya terdapat pada halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 3 pada halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1 2 3 4 5 6

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1

Ayo Membaca

Tahukah kalian makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia? Bacalah teks berikut dalam hati. Pahamilah isinya dengan baik.

Makanan yang paling banyak di konsumsi di Indonesia adalah Nasi

Padi adalah tanaman yang sangat penting di Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak penduduk Indonesia yang mengonsumsinya. Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Daerah utama penghasil padi adalah JaWa Barat, JaWa Timur, JaWa Tengah, SulaWesi Selatan dan Sumatera Utara.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1 2 3 4 5 6

Karawang, Jaaa Barat, dikenal sebagai lumbung padi nasional. Pertumbuhan padi dibagi menjadi 3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji

padi dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalam air mengalir supaya perkecambahan benih terjadi bersamaan. Selanjutnya, benih-benih ini ditanam di lahan sementara. Bibit yang telah siap dipindahtanamkan ke sawah. Biji atau benih tadi akan tumbuh berkecambah hingga muncul ke permukaan. Bakal akar dan tunas menonjol keluar. Lalu, batangnya memanjang. Petani juga mengairi, memberi pestisida dan pupuk pada tanaman ini. Selanjutnya, tanaman padi berbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berawarna kuning. Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi). Gabah ini nantinya yang akan dijadikan benih lagi.

Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130 hari. Setelah panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga sekam (kulit padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berWarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa isi bacaan di atas?

Isi bacan diatas adalah sebuah Tahapan pertumbuhan padi dari tanam samapi Menjadi Beras.

2. Mengapa tanaman tersebut penting bagi masyarakat Indonesia?

Karena padi setelah diolah menjadi beras akan dijadikan makanan pokok masyarakat bagi indonesia selain itu tanaman padi juga bisa meningkatkan perekonomian Indonesia.

3. Di mana tanaman tersebut dapat tumbuh?

Tanaman tersebut ( padi ) dapat tumbuh di daerah panas dengan  curah hujan yang tinggi.

4. Berapa lama proses tanaman tersebut tumbuh?

Lama proses tanaman ( padi ) tumbuh adalah  antara 110 hingga 130 hari.

5. Apa yang dimaksud dengan gabah?

Yang dimaksud dengan Gabah adalah bulir padi yang sudah di pisahkan dari tangkainya yang masih baerkulit atau belum di tumbuk.

Tukarkan jawabanmu dengan seorang teman.

Diskusikan jika ada perbedaan antara jawabanmu dengan jawaban teman.

Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan singkong adalah beberapa di antaranya.

Di daerahmu pasti banyak tumbuhan yang dapat dimanfaatkan. Ada mangga, pisang, seledri, tebu atau lainnya. Pilihlah salah satu tanaman yang sering kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang tanaman tersebut. Pertanyaanmu harus dapat menjawab rasa ingin tahumu.

1. Apakah di Indonesia memiliki keberagam tumbuhan ?
Alternatif Jawaban:
Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan

2. Apakah contoh keberagaman tumbuhan dapat dimanfaatkan ?
Alternatif jawaban:
Beragam tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok

3. Apa saja makanan pokok tersebut ?
Alternatif Jawaban:
Beras, sagu dan singkong.

4. Berikan contoh pemanfaatan dari buah mangga !
Alternatif Jawaban:
Dibuat menjadi jus, dan diberikan kepada ibu hamil.

5. Berikan contoh pemanfaatan dari buah pisang !
Alternatif Jawaban:
Menjaga Tekanan Darah

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3

Ayo Berdiskusi

Kamu sudah belajar tentang bagaimana padi tumbuh. Isilah diagram berikut berdasarkan bacaan di atas.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1 2 3 4 5 6

Diskusikanlah hasilnya bersama temanmu.

Berdasarkan diagrammu, bagian mana yang paling penting? Mengapa? Apa dampaknya apabila bagian tersebut bermasalah?

Diskusikan pendapatmu dengan temanmu.

Karena banyak dikonsumsi oleh masyarakat, tanaman padi bisa saja berkurang jumlahnya. Oleh sebab itu, petani harus menjaganya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapat dinikmati masyarakat Indonesia.
  1. Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.
  2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.
  4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.
  5. Penggunaan beras yang tidak berlebihan. Jumlah penduduk yang meningkat akan meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi. Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan sangat membantu.

Berdasarkan penjelasan di atas, tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang bagaimana melestarikan tanaman yang kamu pilih. Selain itu, tulislah juga pertanyaan mengenai bagaimana menjaga keseimbangan agar tanaman tersebut tidak habis.

Tambahkan pertanyaanmu ke dalam daftar pertanyaan sebelumnya.

  1. apakah di Indonesia memiliki keberagam tumbuhan ?
  2. Apakah contoh keberagaman tumbuhan dapat dimanfaatkan ?
  3. Apa saja makanan pokok tersebut ?
  4. Berikan contoh pemanfaatan dari buah mangga ?
  5. Berikan contoh pemanfaatan dari buah pisang ?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

Ayo Mengamati

Amati gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1 2 3 4 5 6

Tulislah sedikitnya 5 pertanyaan tentang gambar

  1. Apa saja jenis pekerjaan yang ada di daerah pantai?
  2. Mengapa penduduk daerah pantai banyak menjadi nelayan?
  3. Mengapa di daerah pegunungan banyak penduduk bekerja pada perkebunan?
  4. Apa saja pekerjaan yang banyak dilakukan penduduk di daerah pegunungan?
  5. Mengapa di dataran rendah banyak terdapat lahan persawahan?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 5

Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

  1. Dari lokasi ketinggian. Perbedaan pertama dari dataran tinggi dan juga dataran rendah bisa kita lihat dari lokasi dan juga ketinggian dari kedua dataran tersebut.Dataran rendah, secara teoritis merupakan suatu dataran yang berlokasi dengna ketinggian dibawah 200 mdpl (diatas permukaan laut. Sedangkan dataran tinggi merupakan daerah dataran yang memilki ketinggian diatas 200 mdpl (diatas permukaan laut). 
  2. Dari lokasi dan lingkungan sekitar. Dataran rendah kebanyakan merupakan daerah yang berdekatan lokasinya dengan pantai, serta hilir sungai sehingga akan mudah menjadi penyebab banjir.  Sedangkan dataran tinggi merupakan dataran yang lokasi sekitarnya mirip seperti pegunungan dan juga perbukitan.
  3. Dari sisi ekonomi dan sosial. Ekonomi pada dataran rendah lebih menjanjikan ketimbang dataran tinggi, terutama faktor pembangunan ekonomi yang menyangkut kegiatan industri, perkantoran dan juga bisnis komersil. Lokasi dataran rendah yang kontur tanahnya datar dan rata, membuat pembangunan gedung dan juga industri menjadi mudah untuk dilakukan pada dataran rendah yang akan memberikan ruang publik untuk kehidupan masyarakat sekitar.
  4. Dari sisi Iklim dan cuaca. Dataran rendah merupakan lokasi yang cenderung panas, kering dan juga memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Dataran tinggi merupakan lokasi yang memiliki kelembaban udara dan juga kelembaban tanah yang tinggi, suhu udara yang cenderung sejuk, namun memiliki curah hujan yang relatif rendah. Meski demikian, lokasi dataran tinggi merupakan lokasi yang pas untuk lahan pertanian dan juga perkebunan, karena memilki kualitas unsur hara di dalam tanah yang baik.
  5. Dari segi potensi pariwisata.Lokasi dengan wilayah yang memilki dataran rendah biasanya memilki potensi pariwisata yang berhubungan dengan lokasi pantai yang akan rentan dengan erosi tanah. Selain itu, biasanya pada dataran rendah juga banyak dibangun lokasi wisata khsusus, seperti lokas wisata taman bermain, tugu, dan juga berbagai macam taman buatan.

Ayo Berlatih

Bacalah teks berikut dan isilah tabelnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1 2 3 4 5 6

Pantai
Pantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut, Pantai ada yang landai dan ada pula yang terjal. Pantai yang landai biasanya digunakan untuk objek wisata.

Dataran Tinggi
Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk peristirahatan, objek wisata, dan usaha perkebunan.

Dataran Rendah
Dataran rendah adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggian kurang dari 200 meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataran rendah berada di sekitar pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya pertanian, peternakan, perumahan dan industri serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti perkebunan kelapa dan tebu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 6

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 1 2 3 4 5 6

Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang karakteristik alam di mana tumbuhan pilihanmu hidup. Tambahkan pertanyaanmu ke dalam daftar pertanyaan sebelumnya.

Nah, sekarang kamu memiliki daftar pertanyaan yang sangat banyak dan beragam mengenai tumbuhan yang kamu pilih. Serahkan daftar pertanyaan tersebut kepada gurumu.

Ayo Renungkan

Sebutkan hal penting yang kamu pelajari.

Sikap apa yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan Jawabanmu.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikanlah dengan orang tuamu bagaimana caranya agar tumbuhan di sekitarmu dapat dinikmati terus keberadaannya?

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 4 tema 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 1
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 2
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 3
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 4
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 5
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 6

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel