Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 48, 49, 50, 52, 53.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 48, 49, 50, 52, 53 – Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 3 Kelas 4 Peduli Terhadap Makhluk Hidup mengenai Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku tepatnya terdapat pada halaman 48, 49, 50, 52, 53.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 3 pada halaman 48, 49, 50, 52, 53 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 48, 49, 50, 52, 53.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48, 49, 50, 52, 53.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48 49 50 52 53

Ayo Mengamati


Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48 49 50 52 53

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 48

Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas!

  1. Apa nama lain burung Cenderawasih?
  2. Mengapa burung cenderawasih mengalami kelangkaan?
  3. Dimana sajakah habitat burung Cenderawasih?
  4. Burung Cenderawasih jenis apakah yang menjadi identitas Provinsi Papua?
  5. Apa makanan burung cendrawasih?
  6. Apa ciri khas burung cendrawasih?

Berikanlah pertanyaan tersebut kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Diskusikanlah jawabannya.

Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.

Burung cenderawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah lebih sering terbang dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cenderawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda untuk mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cenderawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 49

Jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Karena keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih?

Untuk melestarikan burung Cenderawasih dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!

Pemanfaatan bulu burung Cenderawasih sebagai hiasan topi sangat membahayakan kelestarian burung tersebut karena untuk memperoleh bulu tersebut burung cenderawasih harus diburu dengan cara ditembak. Memanfaatkan burung cenderawasih sebagai burung piaraan juga dapat mengganggu kelestarianyya karena burung Cenderawasih biasa hidup di alam bebas dan tidak terbiasa hidup di dalam sangkar.

Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?

Menurut pendapat  saya sebaiknya manusia memperhatikan kelestarian burung Cenderawasih. Salah satu caranya adalah dengan cara membiarkanya hidup di alam bebas tanpa ada gangguan dari manusia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50

Apa akibatnya jika burung cenderawasih punah?

Jika burung Cenderawasi punah maka keberagaman satwa indonesia akan berkurang. Mungkin generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih hanya melalui gambarnya saja.

Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga?

Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.

Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu lalu buatlah daftar pertanyaan. Daftarmu harus memuat:
  • Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
  • Manfaat hewan tersebut.
  • Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan tersebut sebagai sumber daya alam.
  • Ciri-ciri hewan atau bagian hewan tersebut. 
Diskusikanlah daftar pertanyaanmu dengan gurumu.

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah salah satu spesies elang berukuran sedang. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa, dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo. Sebagian besar ditemukan di separuh belahan selatan Pulau Jawa. Agaknya burung ini hidup berspesialisasi pada wilayah berlereng.
Saat ini, meskipun merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan spesiesnya terancam punah, ternyata elang jawa memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat elang jawa bagi manusia : Sebagai penyeimbang ekosistem. Keberadaan elang jawa berguna sebagai penyeimbang ekosistem. Membasmi hama, seperti tikus. Elang jawa merupakan predator bagi hama-hama yang mengganggu hasil pertanian dari manusia, salah satunya adalah tikus.  Sebagai daya tarik wisata mancanegara. Keberadaan elang jawa bagi manusia dapat berguna sebagai daya tarik wisata mancanegara.
Elang yang bertubuh sedang sampai besar, langsing, dengan panjang tubuh antara 60-70 cm. Kepala berwarna coklat kemerahan (kadru), dengan jambul yang tinggi menonjol dan tengkuk yang coklat kekuningan. Kerongkongan keputihan dengan garis (sebetulnya garis-garis) hitam membujur di tengahnya. Ke bawah, ke arah dada, coret-coret hitam menyebar di atas warna kuning kecoklatan pucat, yang pada akhirnya di sebelah bawah lagi berubah menjadi pola garis (coret-coret) rapat melintang merah sawomatang sampai kecoklatan di atas warna pucat keputihan bulu-bulu perut dan kaki. Bulu pada kaki menutup tungkai hingga dekat ke pangkal jari. Ekor kecoklatan dengan empat garis gelap dan lebar melintang yang nampak jelas di sisi bawah, ujung ekor bergaris putih tipis. Betina berwarna serupa, sedikit lebih besar.

Ayo Membaca

Apakah di lingkunganmu terdapat kupu-kupu? Bacalah teks berikut untuk menambah pengetahuanmu tentang kupu-kupu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48 49 50 52 53

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48 49 50 52 53

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 52

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?

Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?

Jika kupu-kupu punah maka kelestarian tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.

2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?

Untuk melindungi kupu-kupu dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu-kupu sebagai barang hiasan.

3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan.

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

Ayo Berkreasi

Kamu telah mengetahui tentang manfaat penting hewan bagi keseimbangan lingkungan.

Nah, sekarang kamu bisa ikut berperan serta untuk menjaga kelestarian hewan dengan membuat poster.

Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk menyayangi dan merawat hewan.

Pilihlah satu jenis hewan yang kamu sukai.

Buat posternya dengan memperhatikan kriteria berikut: Poster berisi informasi tentang:
  • Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
  • Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
  • Manfaat hewan tersebut bagi masyarakat sekitarnya.
  • Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihanmu adalah hewan langka).
  • Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
  • Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48 49 50 52 53

Nama hewan     
  • Orang Hutan 
 Ciri – ciri 
  • Tubuh Gemuk Dan besar               
  • Tinggi   sekitar 1,25 -1,5 m
  • Tumbuh berambut Merah kecoklatan 
  • Berat 50 -90 kg
  • Telapak Tangan 4 jari panjang  dan 1 jari ibu
Manfaat 
  • Penyeimbang Ekosistem
  • Regenerasi Tumbuh – Tumbuhan
Habitat 
  • Daerah Tropis Daratan Rendah, Rawa – Rawa, Sampai Hutan 

Kamu dapat menggunakan karton dengan ukuran yang cukup besar untuk dapat terbaca dari jarak yang cukup jauh. Jika tidak terdapat karton, kamu bisa menggunakan bagian belakang dari kalender bekas.

Buatlah postermu semenarik mungkin. Kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi atau foto hewan pilihanmu.

Kamu bisa melakukan kampanye untuk teman-teman di sekolah menggunakan postermu, dan kemudian dipajang di sekitar sekolah sehingga teman-teman akan terinspirasi untuk ikut serta menyayangi dan merawat hewan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53

Ayo Renungkan

Sebutkan hal penting yang kamu pelajari.
Sikap apa yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Untuk mengetahui daur hidup tumbuhan kacang, tanamlah biji kacang hijau di rumah bersama orang tuamu! Letakkan dalam gelas plastik bening bekas yang telah diberi kapas, lalu letakkan beberapa butir kacang hijau di atasnya.

Tingkatkan rasa tanggung jawabmu dengan menyiram dan merawatnya setiap hari. Catatlah pertumbuhan biji kacang hijau tersebut selama 6 hari dalam tabel berikut.
 
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Halaman 48 49 50 52 53

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 48, 49, 50, 52, 53. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 4 tema 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 48
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 49
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 50
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 52
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Halaman 53

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 48, 49, 50, 52, 53."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel