Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11 – Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan mengenai Jenis – Jenis Pekerjaan tepatnya terdapat pada halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis – Jenis Pekerjaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 4 pada halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis – Jenis Pekerjaan Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11.


Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis Jenis Pekerjaan Halaman 2 3 4 5 7 8 10 11

Ayo Membaca

Ketika liburan tiba, Lani mengunjungi kakeknya. Kakek Lani tinggal di daerah pegunungan. Udara di sana terasa sejuk, berbeda dengan udara di tempat tinggal Lani. Setiap pagi, Lani tidak pernah bosan menemani kakeknya berjalan pagi. Tempat tinggal Kakek Lani dekat perkebunan teh. Kakeknya sering mengajak Lani berjalan-jalan mengitari perkebunan teh.

Lani diberitahu oleh kakeknya bahwa teh merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah berudara sejuk.

Tempat Hidup Tanaman Teh

Teh merupakan minuman  yang  banyak  dikonsumsi  oleh  masyarakat di berbagai belahan dunia. Di Indonesia tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan yang berudara sejuk.

Teh merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan suhu antara 14°–25°C, yang cukup mendapat curah hujan karena tanaman teh tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat dibutuhkan untuk menjaga perakaran tanaman teh.

Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Kedua pulau tersebut sangat mendukung pertumbuhan teh karena tanahnya sangat subur. Beberapa daerah perkebunan teh di Pulau Jawa antara lain Ciwidey dan Bogor (Jawa Barat), Brebes dan Wonosobo (Jawa Tengah), dan Malang (Jawa Timur). Adapun perkebunan teh di Pulau Sumatera antara lain di Simalungan (Sumatera Utara) dan Kerinci (Jambi).

Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Jadi, selain berfungsi sebagai bahan minuman, teh juga berfungsi untuk menjaga lingkungan.

Setelah membaca teks di atas, Lani semakin paham. Tak heran pohon teh di kebun dekat rumah kakeknya tumbuh subur. Iklim di sana memang sangat mendukung untuk tumbuh kembang tananam teh.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Di mana tanaman teh dapat tumbuh dengan baik?

Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik adalah di daerah dengan ketinggian 800-1100 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 14-25 derajat celcius. Jika ketinggian kurang dari 800 meter di atas permukaan laut, maka pertumbuhannya akan terganggu. Jika suhu lebih dari 30 derajat celcius, maka pertumbuhan juga akan terganggu.

2. Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi?

Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3

3. Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar- besaran?

Pengambilan secara besar – besaran daun teh akan mengakibatkan matinya tanaman. Kematian tanaman secara besar- besaran akan membuat serapan air hujan di daerah yang bercurah hujan cukup tinggi ini akan berkurang. Akibatnya daerah di perkebunan dan sekitarnya menjadi rawan longsor.

4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?

Pengolahan tanah adalah mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih dari sisa-sisa akar dan tunggul, serta mematikan gulma yang masih tumbuh. Dalam penanaman, hal-hal yang harus diperhatikan adalah penentuan jarak tanam yang tepat, pengajiran, pembuatan lubang tanam, teknik penanaman dan penanaman tanaman pelindung yang diperlukan. Didalam budidaya teh, tanaman harus bersih dari gulma dan dilakukan pemangkasan agar tanaman tidak terserang penyakit.

5. Apa yang dapat kamu lakukan agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur?

Yaitu dengan memberikan pupuk Organik yg tidak terlalu berlebihan , rajin menyiramnya dengan air,kemudian menjaga perawatan tanaman yang teratur.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis Jenis Pekerjaan Halaman 2 3 4 5 7 8 10 11

Ayo Menulis

Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis Jenis Pekerjaan Halaman 2 3 4 5 7 8 10 11

Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh, dan pengemas teh.

Apa yang kamu ketahui tentang jenis pekerjaan di sekitarmu? Bandingkan temuanmu dengan informasi yang dimiliki temanmu!

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 5

Tulislah hasilnya dalam diagram Venn. Diagram Vennmu harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan pekerja.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis Jenis Pekerjaan Halaman 2 3 4 5 7 8 10 11

Kembangkan diagram Vennmu dalam bentuk tulisan! Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

  • Penanam teh bertugas menanam tanaman teh ketika perkebunan mulai ditanami.
  • Pemetik teh bertugas memetik teh yang ada di kebun teh
  • Pengolah teh bertugas mengolah teh di dalam pabrik
  • Pengemas teh bertugas memasukan teh kedalam kemasan yang siap untuk dijual.

Ayo Berdiskusi

Tanaman memberikan manfaat bagi manusia. Apabila tidak berhati-hati dalam memanfaatkannnya tumbuhan akan punah. Manusia akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, kita wajib menjaga keberadaan tanaman dengan menanam kembali serta menjaga lingkungannya.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Taman Bermain yang Hilang

Malam hari merupakan malam yang ditunggu oleh Kupi, kepiting kecil. Ia menikmati saat-saat berjalan pelahan di gundukan pasir bersama ayahnya. Mereka menanti datangnya air pasang, yang akan membawa mereka ke dunia yang berbeda. Ya, Kupi selalu menanti saat-saat mereka terempas oleh air pasang, lalu tiba di hutan bakau. Nanti di sana ia pasti akan bertemu dengan teman-teman kecilnya yang lain. Upi si udang kecil, Kuro si kura-kura, dan teman-teman yang lebih besar seperti Bangau Cilik dan Momo si monyet. Di antara akar bakau mereka bisa bermain kejar- kejaran, petak umpet, atau tidur di sela akar yang melintang. Seru sekali saat-saat itu.

Adakalanya mereka berpisah, terbawa oleh pasang surut, kembali ke laut bebas. Namun, suatu hari mereka bertemu lagi dan bermain bersama lagi. Suasana di hutan bakau tentu berbeda dengan suasana di laut lepas. Airnya pun berbeda. Tidak asin seperti air laut, tetapi tidak juga tawar. Kupi tidak tahu apa namanya. Berbeda, tetapi Kupi dan teman-teman tetap bisa bermain dengan nyaman.

Malam itu, di pesisir pantai, Kupi bertanya pada ayahnya. “Ayah, mengapa kita tidak lagi pernah bisa bertemu dengan Bangau Putih, teman ayah? Aku juga sudah rindu bertemu dengan sahabat-sahabat kecilku. Aku sudah lama sekali tidak bertemu dengan Upi, Kuro, Bangau Cilik, dan Momo. Mengapa sekarang susah sekali kita bertemu dengan mereka ya?”

Sambil berjalan pelan di gundukan pasir, ayah Kupi menjelaskan pelahan. “Kupi, sayang sekali hutan bakau tempatmu bermain sudah rusak. Ayah dengar dari Paman Nelayan, manusia di pesisir pantai sana ingin membuat bangunan-bangunan yang tinggi menjulang. Mereka butuh lahan yang luas. Mereka menebang habis hutan bakau. Mereka membangun gedung tinggi menjulang ke langit di atas taman bermainmu itu.” Ayah menjelaskan pelahan. Sesungguhnya ia tidak ingin Kupi sedih, tetapi bagaimana lagi? Ayah tidak ingin Kupi terus menanti tanpa kepastian.

Kupi tertunduk sedih. Pupus sudah harapannya bertemu lagi dengan sahabat- sahabat kecilnya.

“Mengapa manusia begitu jahat, Ayah? Mengapa manusia tidak memikirkan kita, makhluk kecil di pesisir pantai? Mengapa manusia hanya memikirkan dirinya sendiri?” Kupi meratap pelan, namun penuh amarah.

Ayah ingin menenangkan hati Kupi. Ia menambahkan, “Sebenarnya, ketika hutan bakau tempatmu bermain ditebang, manusia pun menerima akibat buruknya, Kupi. Air laut akan semakin mudah mencapai daratan. Tidak ada lagi pohon bakau yang menahan. Lama-kelamaan, air tanah di sekitar pantai akan menjadi air asin. Manusia ‘kan tidak bisa minum air asin, Kupi.” Ayah berusaha menjelaskan panjang lebar.

Ayah kemudian menambahkan. “Dengan rusaknya pantai akibat penebangan bakau, kegiatan manusia pun menjadi terganggu. Sekarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini semakin berkurang. Para pedagang yang dulu berjualan di sekitar sini tidak ada lagi. Pemandu wisata yang biasa menjelaskan tentang keindahan pantai dan hijaunya bakau pun sudah jarang terlihat. Nelayan yang biasa menjual hasil tangkapan mereka pun tinggal sedikit.”

Kupi tidak terhibur oleh penjelasan ayah. Pikirnya, biarkan saja manusia menerima akibat dari perbuatannya sendiri. Manusia memang sering tidak bijak. Kupi hanya ingin berdoa semoga suatu saat nanti hutan bakau akan kembali. Semoga suatu saat nanti ada lagi taman tempatnya bermain. Semoga suatu saat nanti ia masih bisa bertemu dengan sahabat-sahabat kecilnya. Kupi hanya bisa berdoa, semoga kelak manusia bisa bertindak lebih bijaksana. Semoga!

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 7

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di atas!

1. Siapa yang tinggal di dalam hutan bakau?

Kupik dan Ayahnya 

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 8

2. Apa yang biasa dilakukan Kupi dengan ayahnya?

Malam itu, di pesisir pantai, Kupi berjalan pelan di gundukan pasir.

3. Mengapa Kupi sedih dan marah?

Kupi sedih karena tidak bisa bertemu teman-teman kecilnya lagi, kupi marah karena manusia merusak hutan bakau.

4. Gambarlah salah satu tokoh! Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis Jenis Pekerjaan Halaman 2 3 4 5 7 8 10 11

Sampaikan gambar dan tulisanmu kepada teman kelompokmu! Mintalah pendapat mereka!

5. Apakah gambarmu sama dengan gambar temanmu? Jelaskan!

Alternatif jawaban di sesusikan dengan siswa yang mengambar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 9

6. Apakah komentarmu tentang tokoh sama dengan komentar temanmu? Jelaskan!

Alternatif jawaban disesuaikan dengan informasi yang di dapatkan oleh siswa.

Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau.

Perhatikan fakta tentang manfaat bakau berikut! Lalu jawablah pertanyaan!

1. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi.
Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun- rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.

2. Menahan rembesan air laut ke darat.

3. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri.
Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.

4. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar.
Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.

5. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut.
Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.

6. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 10

Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau?

Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan.

Apa yang terjadi jika hutan bakau rusak?

Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.

Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan!

Hutan bakau menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi.

Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari?

Hutan bakau harus dijaga kelestarianya agar keseimbangan alam dan keselamatan manusia tetap terjaga.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 11

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Pembelajaran 1 Subtema 1 Jenis Jenis Pekerjaan Halaman 2 3 4 5 7 8 10 11

Sumber daya alam
Tumbuhan
Contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya
  • Tidak menebang pohon sembarangan.
  • Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
  • Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman.
  • Pemeliharaan tanaman dengan benar.
Sumber daya alam
Hewan
Contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya
  • Tidak berburu hewan sembarangan.
  • Melindungi hewan hewan langka.
  • Hewan langka dibudi dayakan.
  • Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan  langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 12

Ayo Renungkan

Bagaimana tanggung jawabmu terhadap tugas-tugas sekolah selama satu hari ini?
Sudahkah kamu mempraktikkan ajakan untuk menyayangi, menjaga, dan merawat tumbuhan di sekitarmu?
Sudahkah kamu mengajak orang-orang di sekitarmu untuk ikut menjaga dan merawat tumbuhan?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan tentang pentingnya tumbuhan bagi kelangsungan kehidupan di Bumi! Diskusikan dengan orang tuamu tentang jenis pekerjaan yang membantu tanaman tumbuh dengan baik!

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 4 tema 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 2
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 3
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 4
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 5
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 7
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 8
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 10
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 Halaman 11

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11, 12."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel